No image available for this title

SKRIPSI PERDATA

Tinjauan Yuridis Peralihan Hak Atas Tanah Melalui Proses Hibah



Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peralihan hak atas tanah melalui proses hibah, dalam Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) dinyatakan bahwa hak atas tanah dapat beralih dan dialihkan. Pengalihan hak atas tanah kepada pihak lain dapat melalui proses penghibahan tanah yang merupakan pemberian seseorang kepada orang lain dengan tidak ada penggantian apapun dan di lakukan secara sukarela, tanpa adanya kontra prestasi dari pihak penerima pemberian, dan pemberian itu dilangsungkan pada saat si pemberi hibah masih hidup.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif atau penelitian hukum kepustakaan dengan menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual kemudian dikaji secara di identifikasikan dan dijadikan sebagai bahan analisa secara deskriptif guna memperoleh hasil jawaban terhadap permasalahan yang terjadi.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peralihan hak atas tanah melalui proses hibah harus dilaksanakan melalui prosedur yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, peralihan hak atas tanah melalui proses hibah harus didaftarkan di kantor pertanahan dibantu oleh PPAT sebagai salah satu syarat pendaftaran tanah.
Hibah menurut KUHPerdata adalah bahwa hibah dilakukan oleh orang yang sudah dewasa baik terhadap (benda tetap maupun benda bergerak) dan diberikan kepada orang dewasa atau anak kecil (dengan perantaraan wali/orang tua) dan dicatat dinotaris. Bahkan ketentuan didalam KUHPerdata, tentang pencatatan harta hibah diperkuat dengan PP No. 24/1997 tentang pemberian harta hibah tanah dan bangunan harus dilakukan dengan akta PPAT dan dihadiri oleh dua orang saksi. Ketentuan ini sangat jelas karena telah terjadi peralihan hak dan dengan demikian maka hibah atas benda tetap menurut KUHPerdata tidak dapat dilakukan secara diam-diam.


Ketersediaan

SE.634 TOM t1SE.634 TOM tPerpus. Fak. Hukum (3 CD Skripsi Perdata)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SE.634 TOM t
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SE.634
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this