Image of Dampak Covid-19 bagi Para Pihak Dalam Perjanjian E-Commerce

SKRIPSI PERDATA

Dampak Covid-19 bagi Para Pihak Dalam Perjanjian E-Commerce



Salah satu hak konsumen yang paling penting adalah hak atas kenyamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa. Munculnya pandemi Covid-19 telah menjadi tantangan bagi konsumen baik dalam mengkonsumsi barang-barang kebutuhan hidupnya maupun layanan jasa melalui perjanjian jual beli e-commerce. Oleh karena itu, hak konsumen atas kenyamanan dan keselamtan dalam mengonsumsi barang dan/atau jasa berdasarkan Pasal 4 Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perlindungan Hukum Konsumen di masa pendemi Covid-19 dan Bagaimna dampak Covid-19 dalam bagi para pihak dalam perjanjian e-commerce. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian normatif, menggunakan pendekatan fakta dan pendekatan perundang-undangan, Penelitian Hukum normatif disebut juga sebagai penelitian hukum doktrinal, dan selanjutnya di analisis secara kualitatif deskriptif agar menghasilkan suatu kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa perlindungan konsumen adalah segala upaya yang dilakukan untuk melindungi kepentingan dan menjamin kepastian hukum bagi konsumen. Dalam upaya tersebut, hak dan kewajiban konsumen serta pelaku usaha tidak dapat dipisahkan. Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang besar terhadap hak konsumen atas kenyamanan dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan/atau jasa dalam perjanjian e-commerce. Oleh karena itu diperlukan perlindungan hukum bagi konsumen baik secara preventif maupun secara represif agar setiap hak-hak dari konsumen dapat dilindungi dan dipertahankan hak atas mereka.


Ketersediaan

SE.849 SAP d1SE.849 SAP dPerpus. Fak. HukumTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SE.849 SAP d
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SE.849
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this