Image of Perlindungan Hukum Hak Anak Pekerja Migran Dalam Prespektif Hukum Nasional

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Perlindungan Hukum Hak Anak Pekerja Migran Dalam Prespektif Hukum Nasional



Sekitar 80 persen perempuan yang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Luar negeri, dengan rata-rata usia produktif berkisar antara 18-40 tahun. Pada rentang usia tersebut, berkaitan erat dengan masa reproduksi, jumlah ini berdampak pada besarnya jumlah anak yang ditinggalkan ibu dalam usia dini. Konvensi Internasional mengenai Perlindungan Hak-Hak Seluruh Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya yang telah diratifikasi Indonesia dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Pengesahan International Convention the Protection of the Rights of all Migrant Workes and Members of Their Famillers merupakan dasar utama dalam pengaturan perlindungan hukum terhadap hak-hak pekerja migran dan anggota keluargamya. Penelitian ini difokuskan kepada Perlindungan hukum hak anak pekerja migran menurut hukum internasional dan upaya perlindungan hukum terhadap hak-hak anak pekerja migran di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normative, dengan cara meneliti bahan kepustakaan hukum dengan menggunakan pendekatan Undang-Undang, pendekatan konsep dan pendekatan kasus. Penggunaan sumber bahan hukum terdiri atas bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan bahan hukum adalah melalui studi pustaka dengan mempergunakan teknik analisis kualitatif.
Pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-hak anak pekerja migran sampai saat ini belum mendapatkan perlindungan yang optimal, sementara mereka berhak mendapatkan perlindungan hukum dan pemenuhan hak sebagai bagian dari kewajiban dan tanggung jawab Negara yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Negara wajib memberikan perlindungan hukum sepenuhnya terhadap hak-hak anak pekerja migran sebagai pelaksana amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 dan Konvensi Internasional mengenai Perlindungan Hak-Hak Seluruh Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya.


Ketersediaan

SI.275 MAR p1SI.275 MAR pPerpus. Fak. HukumTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.275 MAR p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.275
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this