Image of Kajian Yuridis Pertimbangan Hakim Dalam Putusan Praperadilan (Putusan Nomor : 4/Pra/2018/PN.Amb)

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Kajian Yuridis Pertimbangan Hakim Dalam Putusan Praperadilan (Putusan Nomor : 4/Pra/2018/PN.Amb)



Praperadilan adalah wewenang pengadilan negeri untuk memeriksa dan memutus menurut cara yang diatur dalam undang-undang ini, tentang: 1. Sah atau tidaknya suatu penangkapan dan atau penahanan atas permintaan tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasa tersangka;2. Sah atau tidaknya penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan atas permintaan demi tegaknya hukum dan keadilan; 3. Permintaan ganti kerugian, atau rehabilitasi oleh tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasanya yang perkaranya tidak diajukan ke pengadilan.” Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan Menjelaskan pertimbangan hakim dalam putusan praperadilan sudah sesuai dengan hukum acara pidana dan sebagai salah satu persyaratan akademik dalam penyelesaian studi pada fakultas Hukum Universitas Pattimura.
Metode yang digunakan dalam menganalisis dan membahas yaitu penelitian hukum normatif yang menggunakan bahan hukum sekunder sebagai data awal untuk kemudian dilanjutkan dengan bahan hukum primer atau data lapangan. Ini berarti bahwa penelitian yuridis normatif, dimana bahan hukum yang diutamakan berasal dari studi kepustakaan, dengan mengandalkan buku-buku ilmiah seperti literatur-literatur ilmu hukum pidana, majalah-majalah ilmiah, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penulisan ini
Hasil penelitian menunjukan bahwa hakim dalam Putusan praperadilan (Putusan Nomor 4/Pra/2018/PN.Amb) yang akan dijatuhkan hakim harus sudah sesuai dengan ketentuan - ketentuan dalam KUHAP. Hal ini terlihat bahwa, putusan tersebut tidak ada yang menyimpang dari pasal-pasal tentang praperadilan yang ada dalam KUHAP.


Ketersediaan

SP.1496 KOT k1SP.1496 KOT kPerpus. Fak. HukumTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1496 KOT k
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1496
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this