Image of Kekuatan Berlakunya Putusan Pengadilan Terhadap Hak Waris Atas Tanah Dati Yang Menjadi Objek Sengketa Di Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon

SKRIPSI PERDATA

Kekuatan Berlakunya Putusan Pengadilan Terhadap Hak Waris Atas Tanah Dati Yang Menjadi Objek Sengketa Di Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon



Tanah merupakan sumber daya alam yang sangat diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan, seperti bercocok tanam atau tempat tinggal, maupun untuk prasarana lainnya. Upaya untuk mendapatkan tanah tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah jual beli. Proses jual beli dapat menimbulkan sengketa apabila tidak sesuai dengan apa yang diperjanjikan atau apabila salah satu pihak melakukan perbuatan melawan hukum dalam jual beli tanah.
Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif yang bersifat deskriptif. Sumber bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi pustaka dan selanjutnya dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa bentuk perbuatan melawan hukum pasal 1365 KUHPerdata yang dilakukan oleh pihak kedua (2) atas nama “Saleh Libeharia” yaitu dengan melakukan perjanjian jual beli tanah kepada pihak ketiga (3) atas nama PT Indomaret, tetapi kedudukan tanah tersebut bukanlah merupakan hak milik dari pihak ke dua (2) namun itu merupakan hak milik dari pihak pertama (1) atas nama “Usman Libeharia” sebagaimana termuat dalam Putusan Pengadilan Agama Kota Masohi Nomor 80 / P/ PN. AS /1991 dengan amar putusannya yang telah menentukan kedudukan ahli waris tanah tersebut adalah pihak pertama (1).


Ketersediaan

SE.773 RUH k1SE.773 RUH kPerpus. Fak. HukumTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SE.773 RUH k
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SE.773
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this