Image of Konflik Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Antara Indonesia Dan China Di Laut Natuna

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Konflik Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Antara Indonesia Dan China Di Laut Natuna



Bagian dari wilayah Negara yang terletak pada sisi dalam sepanjang batas wilayah Indonesia dengan Negara lain disebut kawasan perbatasan. Perbatasan suatu Negara mempuyai peran penting pada penentuan batas wilayah kedaulatan dalam pemanfaatan sumber daya alam, menjaga keamanan dan keutuhan wilayah. Konflik pemanfaatan sumber daya perikanan Indonesia dan China di Laut Natuna, berawal dari pengusiran kapal-kapal asing yang memasuki zona ZEE Indonesia tanpa ijin.
Metode penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian Hukum Normatif. Pendekatan masalah yakni Statute approach, case approach, conseptual approach, dengan menggunakan sumber bahan hukum primer, sekunder, dan tersier sebagai bahan acuan untuk melengkapi penulisan dan selanjutnya dianalisa dengan melakukan telaah terhadap kasus-kasus yang berkaitan dengan isu yang dihadapi yang telah menjadi putusan pengadilan yang mempuyai hukum tetap.
Dari hasil pembahasan, konflik pemanfaatan sumber daya perikanan Indonesia dan China di Laut Natuna dipicu oleh penggunaan garis Nine-dash Line (NDL) sebagai sebuah garis untuk menentukan lebar Zona Ekonomi Eksklusif yang kemudian berdampak terhadap ZEE Indonesia dan pemahaman terhadap tradisonal Fsihing Ground yang tidak diatur dalam UNCLOS 1982. Indonesia serta Negara-negara Claiment yang berkonflik dalam pemanfaatan sumber daya alam dan UNCLOS harus dapat, menahan diri dengan reaksi sesuai aturan Hukum yang berlaku dan dapat menyelesaikan konflik secara damai dengan melakukan complain secara dioplomatik sebagai reaksi sesuai aturan Hukum yang berlaku.


Ketersediaan

SI.267 SOP k1SI.267 SOP kPerpus. Fak. Hukum (3 CD Skripsi Internasional)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.267 SOP k
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.267
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this