No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Analisa Pertimbangan Hukum Hakim Dalam Perkara Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak (Studi Putusan Nomor 04/Pid.Sus/2019/PN.Amb.)



Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pertimbangan Hukum Hakim Dalam Perkara Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak dan penerapan sanksi terhadap pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak.
Jenis penelitian ini bersifat yuridis normatif. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif-analitis. Sumber bahan hukum menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan dan analisa bahan hukum secara kualitatif.
Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian menunjukan dasar pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak pada putusan nomor 04/Pid.Sus/2019/PN.Amb. adalah berdasarkan pertimbangan yuridis dan non yuridis. Dasar pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan putusan berdasarkan peraturan perundang-undangan, surat dakwaan, surat tuntutan jaksa penuntut umum, keterangan saksi dan keterangan terdakwa, kemudian dikuatkan dengan barang-barang bukti yang diperhadapkan dipersidangan. Dasar pertimbangan non yuridis yaitu berdasarkan kebijaksanaan dan keyakinan seorang hakim dalam melihat keadaan yang digolongkan antara lain latar belakang perbuatan, kondisi diri terdakwa, kondisi social ekonomi, serta hal-hal yang meringankan dan memberatkan. sedangkan Penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak dalam putusan No. 04/Pid.Sus/2019/PN.Amb. adalah terdakwa dijatuhi sanksi pidana penjara selama 6 (enam) tahun dan denda sebesar Rp. 800.000.000 (delapan ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan.


Ketersediaan

SP.1331 JUR a1SP.1331 JUR aPerpus. Fak. Hukum (5 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1331 JUR a
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1331
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this