No image available for this title

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Pencemaran Lingkungan Laut Nasional Oleh Sampah Plastik



Permasalahan lingkungan telah menjadi salah satu isu penting dalam dunia internasional. Permasalahan lingkungan mencakup banyak hal, salah satunya adalah mengenai pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan bukan hanya terjadi di darat atapun udara, tetapi juga di lautan. Salah satu sumber polutan yang masuk ke laut adalah plastik, yang sangat berbahaya bagi organisme perairan, oleh karena itu pencemaran lingkungan laut oleh sampah plastik harus mendapat perhatian serius perlu adanya perlindungan guna menjaga dari kerusakan dengan adanya tindakan – tindakan yang harus diambil suatu negara untuk mencegah, mengurangi dan mengatasi pencemaran lingkungan lautnya sebagaimana termuat dalam Konvensi Hukum Laut 1982 ketetuan pasal 194.
Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana Penanganan Pencemaran Laut oleh sampah plastik dan dampaknya bagi ekosistem laut nasional, Tujuan penelitian ini, yaitu Mengkaji dan menganalisis pencemaran laut oleh sampah plastik dan dampaknya bagi ekosistem lingkungan laut nasional, serta jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan tipe penelitian deskriptif analitis, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang - undangan dan pendekatan konseptual.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pencemaran lingkungan laut oleh sampah plastik membawa dampak negatif baik dari segi ekologis maupun ekonomi. Untuk itu, perlu adanya penanganan yang baik dalam mengatasi permasalahan sampah plastik di lingkungan laut, salah satunya dengan adanya penegakkan hukum yang tegas terkait pencemaran di lingkungan laut karena seyogianya setiap negara mempunyai kewajiban untuk melindungi dan melestarikan lingkungan laut dari pencemaran baik itu laut internasional maupun laut nasionalnya terlebih mempertimbangkan sifat persisten dari plastik dan kandungan racun yang dapat merusak ekosistem biota laut.


Ketersediaan

SI.177 BAK p1SI.177 BAK pPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Internasional)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.177 BAK p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.177
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this