Image of Penerapan Praktik Disguised Extradition Dalam Hukum Internasional

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Penerapan Praktik Disguised Extradition Dalam Hukum Internasional



Ekstradisi adalah suatu proses pengembalian seseorang yang disangka atau dituduh melakukan suatu kejahatan. Dalam perkembangannya secara umum diketahui bahwa ekstradisi baru dapat terlaksana setelah negara tempat pelaku berada (Negara Diminta/Requested State) telah mengadakan perjanjian internasional mengenai ekstradisi tersebut dengan negara yang meminta (Negara Peminta/Requesting State). Namun nyatanya ekstradisi juga dapat terlaksana melalui proses timbal balik (asas resiprositas). Artinya tanpa perjanjian internasional, sebuah negara dapat memulangkan atau mengekstradisi seorang pelaku ke Negara Peminta, praktik semacam ini disebut juga sebagai ekstradisi terselubung atau disguised extradition . Hal inilah yang pernah dilakukan antara Negara Indonesia dan Kolumbia dalam kasus ekstradisi M. Nazaruddin.
Penulisan ini membahas tentang Penerapan Praktik Disguised Extradition dalam Hukum Internasional. Jenis metode penelitian yang dipakai yaitu yuridis normatif. Penulis menggunakan pendekatan masalah melalui pendekatan Undang-Undang (statue approach) yang dilakukan dengan menelaah undang-undang yang berkaitan dengan isu hukum di dalam tulisan ini, dan juga pendekatan konseptual yang beranjak dari pandangan-pandangan dan doktrin-doktrin yang berkembang di dalam ilmu hukum, serta pendekatan kasus dengan cara menelaah kasus yang ditulis.
Kesimpulan yang diambil penulis adalah ekstradisi terselubung ini dapat dilakukan tanpa didahului dengan perjanjian ekstradisi melainkan dapat dilakukan berdasarkan atas hubungan baik antara negara-negara atau berdasarkan perjanjian-perjanjian tentang kejahatan internasional yang di dalamnya mengandung pengaturan tentang ektradisi. Jadi perjanjian ekstradisi bukanlah satu-satunya jalan untuk terlaksananya ekstradisi.


Ketersediaan

SI.162 SAN p1SI.162 SAN pPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Internasional)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.162 SAN p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.162
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this