Image of Disparitas Putusan Pidana Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkoba

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Disparitas Putusan Pidana Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkoba



Putusan No. 185/Pid.Sus/2019/PNAmb dan Putusan No.208/Pid.Sus/2018/PNAmb berkaitan dengan kasus penyalahgunaan narkotika sesuai dengan Rumusan norma yang berkaitan dengan ancaman pidana bersifat maksimum, menimbulkan terjadinya disparitas putusan hakim terhadap kedua putusan tersebut. Disparitas dapat menimbulkan rasa ketidakadilan (keadilan substantif) bagi terpidana. Rumusan masalahnya adalah, mengapa dalam kasus tindak pidana narkotika terdapat disparitas pidana.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif, yaitu suatu proses penelitian untuk menemukan aturan hukum, prinsip-prinsip hukum, maupun doktrin hukum guna menjawab isu hukum yang dihadapi, berupa studi kasus yang menggunakan bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier.
Hasil penelitian menunjukan dalam memutuskan perkara hakim harus lebih merujuk pada Pasal 5 ayat (1) Undang-undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasan Kehakiman, dimana hakim wajib menggali, mengikuti, dan memahami nilai-nilai hukum dan rasa keadilan yang hidup dalam masyarakat. Saat ini, penjatuhan pidana di Indonesia masih menggunakan sistem penjatuhan pidana minimal dan maksimal.Hal ini menyebabkan putusan pengadilan yang dikeluarkan oleh hakim terdapat perbedaan antara satu putusan dengan putusan yang lainnya yang disebut dengan disparitas pidana.


Ketersediaan

SP.1320 PEL d1SP.1320 PEL dPerpus. Fak. Hukum (5 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1320 PEL d
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1320
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this