No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Tindak Pidana Yang Dilakukan Anak Dibawah Umur Pada Dunia Maya



Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan manusia sangat melekat dengan dunia maya terutama anak yang masi berada dalam masa keingintahuan karena dampak yang di berikan itulah yang membuat anak menjadi nyaman tetapi tidak bisa dipungkiri kalau dampak yang diberikan memiliki dampak negatif yang dapat membuat anak menjadi pelaku tindak pidana di dunia maya. Anak yang melakukan tindak pidana pada dunia maya harus di sertai dengan pertanggungjawaban pidana agar anak yang merupakan generasi bangsa dapat melanjutkan cita-cita agar bermanfaat bagi bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pertanggungjawaaban pidana anak yang melakukan tindak pidana pada dunia maya. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam skirpsi ini adalah bagaimana pertanggungjawaban pidana anak yang melakukan tindak pidana di dunia maya. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada penegak hukum mengenai pertanggung jawaban pidana anak yang melakukan tindak pidana di dunia maya.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, yaitu suatu pendekatan yang dilakukan dengan jalan mempelajari bahan-bahan kepustakaan atau studi kepustakaan dengan pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan kasus dan pendekatan konsep. Pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan dan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif normatif.
Hasil dari penenlitian ini menunjukan bawah anak yang melakukan tindak pidana pada dunia maya dijerat dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tetapi kita tau sendiri bahwa anak di Indonesia dilakukan secara khusus yang dimana anak memiliki sistem peradilan pidana itu sendiri yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Yang di dalamnya akan menghasilkan pertanggungjawaban pidana yang akan membuat anak merasa aman dan tentram dalam menghadapi suatu proses pidana yaitu diversi.


Ketersediaan

SP.1220 PAS t1SP.1220 PAS tPerpus. Fak. Hukum (3 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1220 PAS t
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1220
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this