No image available for this title

SKRIPSI PERDATA

Penyelesaian Perjanjian Sewa Menyewa Sepeda Motor Di Kota Ambon Di Tinjau Dari KUHPerdata



Hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya diera globalisasi ini sangat penting terutama dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia untuk memenuhi kebetuhan hidupnya harus saling mengadakan interaksi sosial antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Hak dan kewajiban tersebut apabila tidak terpenuhi dapat dikenakan sanksi menurut hukum. Sebagaimana telah ditetapkan dalam UUD 1945 pasal 28. Pasal ini mencerminkan bahwa negara indonesia bersifat demokrasi. Didalam kehidupan sehari-hari masyarakat tidak akan lepas dari suatu perbuatan hukum. Salah satunya adalah dengan cara mengadakan suatu kontrak atau perjanjian yang dapat dipertanggung jawabkan kepada semua pihak dan salah satu contoh dari perjanjian adalah perjanjian sewa menyewa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, tipe penelitian bersifat deskritif analitis. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan selanjutnya dianalisis melalui cara deskripsi dengan menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan penelitian tersebut disarankan untuk mencegah terjadinya perselisian mengenai resiko dan wanprestasi yang dilakukan pihak penyewa, maka dalam membuat perjanjian sewa menyewa sepeda motor ini dibuat dalam suatu surat perjanjian yang mencantumkan hak-hak dan kewajiban baik pihak yang menyewakan maupun pihak penyewa. hal ini dimaksudkan untuk memperkecil resiko dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, untuk pengembangan dalam usaha sewa menyewa kendaraan atau sepeda motor di Kota Ambon diperlukan adanya dasar yang kuat berupa peraturan perundangundangan sehingga para pengusaha dalam melakukan usahanya merasa nyaman karena mendapat jaminan dari pemerintah. Bagi pihak penyewa untuk bisa selalu konsisten sesuai dengan surat perjanjian yang dibuat, hal ini saya sarankan agar pada nantinya tidak terjadi suatu kesalahpahaman diantara kedua belah pihak.


Ketersediaan

SE.602 TUA p1SE.602 TUA pPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Perdata)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SE.602 TUA p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SE.602
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this