No image available for this title

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Eksistensi Lambang Kemanusiaan Dalam Suatu Konflik Bersenjata



Terjadinya konflik bersenjata diawali dari adanya pertentangan kepentingan dengan negara lain atau pertentangan antar kelompok dalam negara sendiri yang mengarah pada pembunuhan dalam jumlah yang besar.Untuk mencapai suatu kemenangan negara yang bertikai menghalalkan segala cara demi tercapainya hal tersebut. Salah satunya adanya tindakan yang mengarah kepada penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh para pihak terkait dengan penggunaan lambang kemanusian yang karena sifatnya mandiri, imparsial dan netral yang harus dihargai dan dihormati serta dilindungi berakhir pada penyalahgunaan terhadap lambang kemanusiaan.
Berdasarkan uraian tersebut maka rumusan masalah yang diangkat dalam penulisan ini adalah Bagaimana Eksistensi Lambang Kemanusiaan Dalam Suatu Konflik Bersenjata. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi lambang kemanusiaan dalam suatu konflik bersenjata. Penulisan ini dilakukan melalui studi kepustakaan berupa buku-buku, artikel ilmiah, berita online dan sumber-sumber bacaan terkait kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 3 lambang kemanusiaan yang diakui dan dilindungi dalam hukum humaniter internasional yaitu lambang Palang Merah, Lambang Bulan Sabit Merah dan Lambang Kristal Merah oleh karena itu setiap orang wajib menghormati dan menghargai akan lambang tersebut sehingga segala bentuk penyalahgunaan terhadap lambang tersebut harus ditindak sesuai dengan aturan yang telah diatur. Seperti yang terjadi dalam konflik Kamboja dan Konflik Libya yang melakukan bentuk penyalahgunaan terhadap lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Negara wajib mengatur mengenai lambang kemanusian dalam hukum nasionalnya sehingga apabila terjadi pelanggaran maka dapat dihukum sesuai aturan yang telah dibuat. Salah satu bentuk untuk mencegah penyalahgunaan lambang kemanusiaan yaitu dengan dilakukannya diseminasi terhadap lambang kemanusiaan agar setiap orang mengetahuinya dan dapat melaksanakannya demi mejamin eksistensi dari lambang kemanusiaan itu sendiri.


Ketersediaan

SI.79 SAH e1SI.79 SAH ePerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Internasional)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.79 SAH e
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.79
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this