No image available for this title

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Perlindungan Hukum Internasional Terhadap Penyanderaan Wartawan Sipil Di Wilayah Konflik Bersenjata Timur Tengah



Wartawan sipil yang berada di wilayah konflik bersenjata internasional memegang peranan penting, yaitu untuk menyampaikan informasi yang terjadi dalam konflik secara langsung dari tempat kejadian. Namun dalam melaksanakan pekerjaan mereka tersebut, wartawan dan pekerja media yang melakukan liputan di wilayah konflik bersenjata internasional seringkali menghadapi berbagai resiko berbahaya. Mereka dapat menjadi korban dalam serangan militer, penyanderaan ataupun tindakan kekerasan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana perlindungan terhadap penyanderaan wartawan sipil. Adapun masalah yang akan dibahas adalah bagaimana perlindungan hukum Internasional terhadap penyanderaan wartawan sipil di wilayah bersenjata timur tengah.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan jalan mempelajari bahan-bahan kepustakaan yang ada. Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan undang-undang, pendekatan konsep, dan pendekatan kasus. Pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan dan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif normatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa wartawan sipil yang disandera atau jatuh ketangan musuh dilindung berdasarkan jaminan kemanusiaan yang terdapat dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan Protokol tambahan I tahun 1977 kedua Instrumen hukum tersebut mengatur perlakuan terhadap wartawan sipil setelah penangkapan. Perlindungan tersebut masih belum efektif, sehingga diperlukan ketentuan yang tegas mengenai perlindungan wartawan sipil.


Ketersediaan

SI.76 ADW p1SI.76 ADW pPerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Internasional)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.76 ADW p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.76
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this