No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Kajian Kriminologis Tentang Kejahatan Seksual Terhadap Anak (Studi Kasus Pada Polres Kabupaten Kepulauan Aru)



Kejahatan seksual merupakan suatu problematika yang kenyataannya terjadi dalam kehidupan masyarakat.Kejahatan seksual itu sendiri mencakup perzinahan, pemerkosaan, pencabulan maupun pelecehan seksual. Di Indonesia, kasus kejahatan seksual merupakan kasus yang semakin darurat dan terus meningkat setiap tahunnya. Dan yang menjadi korbannya pun bukanlah orang dewasa melainkan remaja, anak-anak yang masih sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang cukup besar dari keluarga maupun masyarakat. Karena perlu diketahui bahwa anak merupakan sebagai generasi muda yang akan meneruskan cita-cita luhur bangsa, calon-calon pemimpin bangsa dimasa mendatang dan sebagai sumber harapan bagi generasi terdahulu, yang dimana perlu mendapatkan kesempatan yang seluas luasnya untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar baik secara rohani, jasmani dan sosial. Salah satu contoh di kabupaten kepulauan aru tepatnya di kawasan sipur pantai, kelurahan siwalima dobo. Pencabulan pemerkosaan yang dilakukan terjadi dalam lingkungan keluarga pada seorang anak perempuan(13 tahun). Ironisnya, aksi tak bermoral yang bersangkutan dilakukan pelaku sehingga membuat korban mengalami trauma yang berkepanjangan
Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis Empiris. yuridis Empiris dalam penelitian ini maksudnya adalah bahwa dalam menganalisis permasalahan dilakukan dengan cara mengumpulkan data primer yang diperoleh dilokasi penelitian.
Berdasarkan Dari hasil penelitian terdapat 63 kasus kejahatan seksual dalam kutun waktu tiga tahun belakangan 2016, 2017, 2018. Kejahatan seksual di kabupaten kepulauan aru mencakup pemerkosaan, pencabulan maupun pelecehan seksual dan lain-lain. Di aru korban kejahatan seksual tersebut tak lain adalah anak-anak, pelakunya pun tergolong orang dewasa dan orang yang lebih tua.Di aru Kejahatan seksual terhadap anak adalah suatu bentuk penyiksaan anak dimana orang dewasa atau orang yang lebih tua menggunakan anak untuk rangsangan seksual. 65% Kejahatan seksual di aru merupakan bentuk kejahatan yang terjadi dalam lingkungan keluarga, maupun lingkungan sekitar. Kejahatan itu sendiri bisa terjadi kapan dan dimana saja bukan hanya di lingkungan sekitar tapi juga dalam lingkungan keluarga.


Ketersediaan

SP.1144 MUK k1SP.1144 MUK kPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1144 MUK k
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1144
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this