No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Kajian Psikiatri Forensik Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencabulan Anak



Pencabulan terhadap orang yang tidak berdaya seperti anak, baik pria maupun wanita, merupakan salah satu masalah sosial yang sangat meresahkan masyarakat. Tindak pidana pencabulan terhadap anak ini perlu mendapatkan perhatian serius dari semua kalangan, terutama peran aktif dari kalangan penegak hukum. Menjatuhkan pidana kepada pelaku tindak pidana pencabulan tentu tidak lepas dari peranan hakim, jaksa, dan pihak kepolisian sebagai aparat penegak hukum guna mencapai ketentraman hidup masyarakat. Dalam hal ini terdapat peran salah satu saksi ahli dalam memecahkan kasus tindak pidana yang dimaksud saksi ahli tersebut yang penulis angkat ialah saksi ahli psikologi forensik/psikiatri forensic.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif, tipe penelitian bersifat deskriptif analitis. Sumber bahan hukum yang digunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan melalui studi kepustakaan dan selanjutnya dianalisis melalui cara diskripsi dengan menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian peranan dokter psikiater dalam menentukan status kejiwaan tersangka dalam kaitannya dengan pertanggungjawaban pidana sangatlah diperlukan sekali, karena masalah kejiwaan adalah masalah medis sedangkan masalah pertanggungjawaban pidana adalah masalah hukum. Dan hanya dokter psikiaterlah yang berwenang untuk menentukannya. Sehingga apa yang dikehendaki tujuan dari penghukuman terhadap pelaku tindak pidana dapat tercapai yakni memperbaiki perilaku korban, mendidik korban, sehingga tidak menggulangi perbuatannya lagi.


Ketersediaan

SP.1097 LAT k1SP.1097 LAT kPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1097 LAT k
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1097
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this