No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Analisis Yuridis Tentang Unsur Penyalagunaan Kewenangan Oleh Pelaku Tindak Pidana Korupsi



Melawan hukum menggunakan kewenangan / menyalahgunakan kewenangan dengan cara melawan hukum yang diartikan tersirat didalam unsur Pasal 3 UUPTPK yang merupakan aturan hukum pidana, yang artinya untuk menilai seseorang yang memiliki kewenangan telah melawan hukum adalah dengan cara menggunakan kewenangannya bertentangan dengan ketentuan hukum pidana yang secara khusus melarang melakukan perbuatan menyalahgunakan kewenangan, dalam hal ini UUPTPK. Berdasarkan uraian diatas maka yang menjadi permasalahan adalah Bagaimanakah Penerapan Unsur Penyalahgunaan Kewenangan Oleh Pelaku Tindak Pidana Korupsi?
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif dengan tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan Bahan Hukum melakukan Pengumpulan bahan-bahan hukum yakni Bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dan tersier. Teknik analisis bahan hukum diperoleh dan akan diklasifikasi dan dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian dan pembahasan bahwa: Penerapan Unsur Penyalahgunaan Kewenangan Oleh Pelaku Tindak Pidana Korupsi dapat dikategorikan sebagai suatu tindak pidana korupsi, karena penyalahgunaan wewenang merupakan kesempatan yang digunakan oleh seorang pejabat karena jabatan atau kedudukan yang diberikan tidak dijalankan dengan tidak semestinya, namun sebaliknya mereka justru menggunakan kesempatan itu untuk kepentingan diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi, yang mengakibatkan kerugian Negara dengan memanfaatkan kewenangan yang dipercayakan kepada mereka.


Ketersediaan

SP.1090 GAI a1SP.1090 GAI aPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1090 GAI a
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1090
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this