No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Hambatan Penyidik Polri Dalam Menangani Tindak Pidana Pemalsuan Surat



Surat atau tulisan di dalamnya terkandung arti atau makna tertentu dari sebuah pikiran, yang kebenarannya harus dilindungi. Membuat surat palsu adalah menyusun surat atau tulisan pada keseluruhannya, adanya surat ini karena dibuat secara palsu. Surat palsu mempunyai tujuan untuk menunjukkan bahwa surat seakan-akan berasal dari orang lain dari pada penulisannya. Hal ini disebut pemalsuan materiil, asal usul surat itu adalah palsu
Penelitian ini bertujuan untuk Apa Yang Menjadi Hambatan Penyidik Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Pemalsuan Surat, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris, sedangkan tipe penulisan penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriftif analiitis. Maraknya tindak pidana pemalsuan ijazah akhir-akhir ini makin banyak terjadi dengan berbagai modus operandinya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis melalui penelusuran dokumen (berita media masa, internet), studi kepustakaan dan wawancara terhadap para responden yang telah dilakukan oleh penulis di beberapa tempat penelitian yakni pada Polres Ambon dan P.P.Lease dan Kejaksaan Negeri Ambon , didapatkan faktor-faktor penyebab seseorang melakukan tindak pidana pemalsuan ijazah, adalah Faktor Eksternal dan Internal.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Upaya penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana pemalsuan surat bukanlah hal yang mudah, baik sejak tahap penyelidikan hingga tahap akhir, yaitu persidangan. Faktor Aparat Penegak Hukum, Peraturannya itu sendiri, Sarana atau fasilitas yang menunjang proses hukum, Kesadaran hukum masyarakat dan Budaya hukum Berdasarkan uraian diatas, menurut pandangan penulis mengenai faktor-faktor rasional yang mempengaruhi penegakan hukum, aspek-aspek dari peraturannya itu sendiri harus jeli melihat substansi dari peraturan tersebut baik dari unsur-unsur subjektif maupun unsur objektif suatu spesifikasi tindak pidana yang termuat dalam peraturan tersebut.


Ketersediaan

SP.982 WAT h2SP.982 WAT hPerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Pidana)Tersedia
SP.982 WAT h1SP.982 WAT hPerpus. Fak. Hukum (6 Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.982 WAT h
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.982
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this