No image available for this title

SKRIPSI PERDATA

Tinjauan Yuridis Pengalihan Hak Paten Secara Pewaris Kepada Ahli Waris Menurut Hukum Perdata



Paten merupakan hak milik oleh karena itu bersifat khusus karena hak tersebut hanya diberikan kepada inventor (penemu) atau pemilik/ pemegang hak yang bersangkutan untuk dalam waktu tertentu memperoleh perlindungan hukum atas hasil invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Paten diklasifikasikan sebagai hak atas benda bergerak, sehingga Paten dapat dialihkan, baik seluruhnya maupun sebagian karena pewarisan, hibah, wakaf, wasiat, perjanjian tertulis, atau sebab lain yang dibernarkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pengaturan pewarisan paten diatur sesuai dengan hukum waris berdasarkan KUHPerdata yang mengatur tentang kedudukan harta kekayaan seseorang setelah meninggal dunia dengan cara-cara berpindahnya harta kekayaan itu kepada orang lain dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten yang mengatur tentang pewarisan paten. Sehingga permasalahan di kaji yaitu Bagaimana pewarisan hak paten kepada ahli waris menurut hukum perdata.
Metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah yuridis normatif untuk menganalisis permasalahan hukum yang terdapat dalam peraturan perundangundangan yang terkait dengan masalah yang diteliti dengan bersifat analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa paten sebagai harta kekayaan dalam warisan dapat beralih atau dialihkan kepemilikannya baik seluruhnya atau sebagian yang berlangsung secara pendaftaran sejak meninggalnya pemilik paten (pewaris) serta kedudukan paten setelah diwariskan masih tetap diakui dan dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten.


Ketersediaan

SE.459 HEH t2SE.459 HEH tPerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Perdata)Tersedia
SE.459 HEH t1SE.459 HEH tPerpus. Fak. Hukum (3 Skripsi Perdata)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SE.459 HEH t
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SE.459
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this