No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Pelaksanaan Pengambilan Barang Bukti Dalam Pelanggaran Lalu Lintas Yang Tersangka Meninggal Dunia



Banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama ini telah memberikan suatu kemungkinan bahwa adanya suatu pengaruh dan kurang kehati-hatian dari pengemudi itu sendiri sehingga banyak menimbulkan suatu persoalan yang timbul. Hal demikian menegaskan bahwa setiap pengemudi yang melakukan suatu kecelakaan dapat diberikan sanksi berupa pidana. Tetapi dalam hal ini banyak juga yang tidak, ntuk itu perluh adanya hukum pidana untuk membuktikan adanya suatu pengaruh dalam upaya yang dilakukan lewat hukum pidana untuk memberikan tindakan.
Adapun penelitian ini menggunakanjenis penelitian yuridis normatif dengan tipe penelitian ini bersifat deskrititif analitis. Teknik pengumpulan bahan hukum melakukan pengumpulan bahan-bahan hukum yakni bahan hukum primere dan bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik analitis bahan hukum diperoleh dan akan diklasifikasi dan di analisis secara kualitatif.
Hasil penelitian dan pembahasan mennjkan bahwa mekanisme pengambilan barang bukti dalam pelanggaran Lalu Lintas yang tersangkanya meninggal dunia adalah dilakukan penghentian penyidikan terhadap terdakwa yang meninggal dunia oleh penyidik. Pihak penyidik melakukan proses pemberkasan menangani kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya tesangka sesuai dengan mekanisme KHAP. Selanjutnya penyidik melakkan penghentian penidikan yang sudah ditentukan dalam Pasal 109 ayat (2) KUHAP, yaitu dalam hal penyidikan dihentikan demi hukum dengan dasa terdakwa meninggal dunia sesuai ketentuan Pasal 77 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP.


Ketersediaan

SP.1332 REN p1SP.1332 REN pPerpus. Fak. Hukum (5 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1332 REN p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1332
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this