Image of Analisa Pertimbangan Hakim Dalam Putusan Pengadilan Negeri Demak No:173/Pid.B/2017/PN Dmk

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Analisa Pertimbangan Hakim Dalam Putusan Pengadilan Negeri Demak No:173/Pid.B/2017/PN Dmk



Tindak pidana penipuan secara online merupakan salah satu bentuk perubahan tindak pidana yang memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya media sosial. Kejahatan ini dilakukan dengan menyebarkan informasi yang tidak benar melalui media sosial yang bertujuan untuk menipu korbannya guna mendapat keuntungan. Rumusan permasalahan yang dijadikan sebagai dasar penulisan skripsi ini adalah bagaimana pertimbangan hakim dalam memeriksa perkara tindak pidana penipuan berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Demak No:173/Pid.B/2017/PN Dmk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pertimbangan hakim dalam memeriksa perkara tindak pidana penipuan.
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dengan tipe penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Teknik Pengumpulan Bahan Hukum dengan melakukan penelitian kepustakaan terhadap bahan hukum yakni Bahan Hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik Analisis bahan hukum diperoleh dan diklasifikasi secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdakwa terbukti bersalah melakukan Tindak Pidana Penipuan. Pasal yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum yaitu melanggar Pasal 378 KUHP dan telah terpenuhi semua unsur-unsurnya didasarkan pada fakta-fakta hukum. Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku dalam perkara putusan nomor 173/Pid.B/2017/PN.Dmk kurang tepat sehingga sanksi pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa kurang memberikan efek jera karena kejahatan yang dilakukan Terdakwa melalui media sosial bukan hanya sekali melainkan sudah 2 (dua) kali melakukan Tindak Pidana Penipuan terhadap para korban-korbanya, sehingga terdakwa pantas mendapatkan pemberatan pidana.


Ketersediaan

SP.1315 SIT a1SP.1315 SIT aPerpus. Fak. Hukum (4 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1315 SIT a
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1315
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this