Image of Penerapan Pasal 28 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Dalam Kasus Penyebaran Berita Bohong

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Penerapan Pasal 28 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Dalam Kasus Penyebaran Berita Bohong



Pengaturan tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi diatur secara jelas dalam Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Problematika pemanfaatan teknologi informasi dewasa ini telah menjadi perbincangan. Namun, seiring dengan meningkatnya penggunaan Internet di masyarakat, khususnya penggunaan media sosial sebagai salah satu percepatan pemberian informasi sering disalah gunakan sehingga mulai marak juga kasus-kasus terkait informasi dan transaksi elektronik. Ledakan kasus terkait UU-ITE sudah sejak lama terjadi. Kondisi ini juga menunjukkan tingginya kasus ITE umumnya didominasi oleh pasal-pasal langganan yang salah satunnya terkait dengan pasal 28 tentang pencemaran nama baik dan hoax atau berita bohong. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan menjelaskan tentang penyebaran berita bohong atau hoax.
Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian hukum normatif atau penelitian hukum kepustakaan atau penelitian hukum doctrinal dan tentunya menggunakan pendekatan perundang undangan. Penelitian ini meggunakan bahan hukum primer, sekunder dan tersier, sementara teknik pengumpulan dan analis bahan hukumnya secara kualitatif.
Hasil penulisan menjekaskan bahwa apabila meneruskan berita bohong atau hoax dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi baik melalui internet atau media sosial dapat diklasifikasikan sebagai pelaku yaki turut serta melakukan tindak pidana penyebaran berita bohong apabila telah memenuhi unsur unsur yang ada di dalam pasal 28 Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 dan dapat dipidana sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.


Ketersediaan

SP.1277 PAR p1SP.1277 PAR pPerpus. Fak. Hukum (4 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1277 PAR p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1277
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this