Image of Implementasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Terhadap Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Implementasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Terhadap Prinsip Pembangunan Berkelanjutan



Pada dasarnya KLHS bertujuan untuk menjamin pembangunan berkelanjutan menjadi pertimbangan utama dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan termasuk sumberdaya di dalamnya. Perwujudan konsep berkelanjutan di Indonesia saat ini diintegrasikan dan didasarkan pada KLHS yang memuat berbagai ketentuan dan arahan bagaimana mewujudkan pembangunan berkelanjutan berdasarkan UUPPLH menjadi dasar dalam penyusunan dan evaluasi RTR dan rencana pembangunan. Secara mendasar KLHS mengkaji daya tampung, daya dukung dan daya lenting lingkungan yang dengan kata lain mengidentifikasi kemampuan lingkungan pada kawasan yang direncanakan untuk dimanfaatkan termasuk kawasan yang harus dipertahankan fungsinya. Sehingga KLHS penting disusun sebagai dasar perencanaan tata ruang sebagai wadah dan perencanaan pembangunan.Tujuan penenelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai sumbangsih pemikiran atau kontribusi bagi upaya mempelajari Implementasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Terhadap Prinsip Pembangunan Berkelanjutan.Secara Praktis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai sumbangan pemikiran bagi pengambil kebijakan dan praktisi di bidang Implementasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Terhadap Prinsip Pembangunan Berkelanjutan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian yurudis normatif, tipe penelitian deskriptif analitis, sumber bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Analisis Bahan Hukum dan Metode Analisis Bahan Hukum
Hasil penelitian menujukan bahwa Implementasi kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) terhadap pembangunan berkelanjutan dengan tata ruang bersifat saling melengkapi satu sama lain. Hal tersebut dapat dilihat dari peranan KLHS yang digunakan sebagai tindakan strategik dalam menuntun, mengarahkan dan menjamin tidak terjadinya efek negatif terhadap lingkungan dan keberlanjutan dalam perencanaan kebijakan, rencana dan program RTRW. Posisi KLHS berada dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan tata ruang dengan kata lain, KLHS menjadi salah satu instrumen yang membantu memperbaiki kerangka pikir perencanaan tata ruang wilayah untuk mengatasi persoalan lingkungan hidup.


Ketersediaan

SI.131 RUM i1SI.131 RUM iPerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Internasional)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.131 RUM i
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.131
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this