Detail Cantuman
Advanced SearchSKRIPSI PERDATA
Perlindungan Hukum Kepada Konsumen Terhadap Iklan Yang Dijanjikan Developer Perumahan PT.Lestari Pembangunan Jaya Yang Dilakukan Bersama-Sama
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis tentang perlindungan hukum terhadap konsumen perumahan dan pemukiman atas iklan yang dijanjikan. Sebab penulis merasa masih banyak konsumen-konsumen yang belum paham betul mengenai kedudukan mereka. Oleh karena itu maka banyak konsumen yang merasa mereka selalu menjadi korban dari para pelaku usaha. Permasalahan dalam penulisan ini adalah tentang Perlindungan Hukum kepada Konsumen atas Iklan Yang Dijanjikan oleh developer perumahan PT Lestari Pembangunan Jaya.
Metode penelitian yang dipakai untuk menyusun skripsi ini adalah metode penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif adalah penelitian yang didasarkan pada bahan hukum primer dan sekunder. Alat pengumpulan bahan hukum yaitu buku-buku, artikel, majalah dan searching internet, yang erat kaitannya dengan maksud tujuan dari penulisan skripsi ini.
Hasil Penelitian dan Pembahasan atas Perlindungan konsumen terhadap iklan yang dijanjikan Saat ini meskipun telah ada Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), dan Etika Pariwara Indonesia (EPI) Di Indonesia memang tidak ada perundang-undangan khusus yang membahas periklanan. Namun, Dewan Pers Indonesia telah menetapkan sebuah pedoman yang disebut EPI atau Etika Pariwara Indonesia. Di dalam Etika Pariwara Indonesia ini terdapat batasan, larangan dan etika-etika yang telah disetujui oleh Dewan Pers Indonesia sebelumnya dan dilaksanakan serta diawasi oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI). Selain Etika Pariwara Indonesia, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah menetapkan pada pasal 29 ayat 1 dalam Pedoman Perilaku Siaran bahwa “Lembaga penyiaran wajib berpedoman pada Etika Pariwara Indonesia telah memuat ketentuan tentang hal-hal yang dilarang atau hal yang tidak boleh dilakukan dalam kegiatan periklanan, selanjutnya Upaya perlindungan hukum terhadap konsumen perumahan dan pemukiman atas iklan yang dijanjikan adalah pertama dengan memberikan salah satu hak yang dimiliki konsumen yaitu hak mendapatkan pembinaan dan pendidikan sehingga konsumen dapat mengetahui ciri-ciri suatu iklan yang baik, kedua, meminta pertanggungjawaban dari pelaku usaha perumahan dan pemukiman yang telah membuat iklan dengan tidak benar sehingga merugikan konsumen karena tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya dan pertanggungjawaban itu berupa ganti kerugian.
Ketersediaan
SE.629 BAH p1 | SE.629 BAH p | Perpus. Fak. Hukum (3 CD Skripsi Perdata) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SE.629 BAH p
|
Penerbit | Fakultas Hukum Unpatti : Ambon., 2019 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
SE.629
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain