No image available for this title

SKRIPSI KELAUTAN INTERNASIONAL

Mekanisme Penyelesaian Sengketa Kepemilikan Pulau Dokdo Antara Jepang Dan Korea Selatan Berdasarkan Konvensi Hukum Laut 1982



Sengketa Pulau Dokdo adalah sengketa wilayah yang melibatkan Jepang dan Korea Selatan dalam memperebutkan sebuah pulau yang terletak di Laut Jepang. Pemerintah Jepang dan Korea Selatan mendasarkan klaim mereka atas kepemilikan Pulau Dokdo pada bukti sejarah dan konektivitas geografis. Pertikaian Pulau Dokdo menghambat proses negosiasi zona penetapan batas laut di Laut Jepang sehingga menyebabkan tidak adanya batas wilayah yang jelas antara Jepang dan Korea Selatan di wilayah perairan sekitar pulau Dokdo.
Berdasarkan kasus tersebut maka rumusan masalah yang diangkat dalam skrispi ini adalah “ Bagaimana Mekanisme Penyelesaian Sengketa Kepemilikan Pulau Dokdo Antara Jepang Dan Korea Selatan Berdasarkan Konvensi Hukum Laut 1982” Sehingga penulisan ini bertujuan mengetahui bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa kepemilikan pulau Dokdo berdasarkan konvensi hukum laut 1982. Penulisan ini dilakukan melalui studi kepustakaan berupa buku - buku, artikl ilmiah, berita online dan sumber - sumber bacaan terkait kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme penyelesaian sengketa kepemilikan pulau Dokdo antara Jepang dan Korea Selatan dari berbagai forum - forum penyelesaian sengketa yang di sediakan oleh konvensi hukum yang mengacu kepada UNCLOS 1982 dengan alternative penyelesaian sengketa secara damai dengan dua sarana yaitu secara non ligitasi dan ligitasi dengan penyelesaian sengketa secara damai ini memberikan kemungkinan atas kepemilikan pulau yang sama, untuk secara leluasa mencapai kesepakatan yang baik diantara kedua belah pihak.


Ketersediaan

SI.111 SIW m1SI.111 SIW mPerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Internasional)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SI.111 SIW m
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI.111
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this