No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Penerapan Pasal 107 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu-Lintas Dan Angkutan Jalan



Banyak kecelakaan lalu-lintas yang terjadi setiap tahun di Indonesia. Dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah diatur sedemikian rupa untuk dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia, salah satunya yang terdapat pada pasal 107 ayat 2 yang berbunyi sebagai berikut:“(2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari”. Pada kenyataannya, pasal 107 ayat 2 tersebut mengandung kontroversi di kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang kontra terhadap aturan menyalakan lampu utama pada siang hari dengan alasan bahwa aturan tersebut tidak relevan, pemborosan, dan lain-lain. Sedangkan masyarakat pro beranggapan bahwa menyalakan lampu utama pada siang hari dapat meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi pada pengendara sepeda motor.
Penerapan pasal 107 ayat (2) 22 tahun 2009 tentang lalu Lintas Dan Angkutan Jalan selain mempunyai dapak untuk mengoptimalkan fungsi lampu pada kendaraan sepeda motor dalam berkendara guna untuk menghindari kecelakaan tetapi juga secara tidak langsung mengisyaratkan kepada kendaraan- kendaraan yang kelengkapan kendaraannya seperti lampu harus dilengkapi karena semuanya mempunyai fungsi yang sangat berpotensi untuk menghindari kecelakaan saat berkendara. Tetapi problematikanya penerapan pasal 107 ayat (2) ini dapatkah direalisasikan.
Untuk itu tujuan dari panelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Pasal 107 ayat (2) Undang-undang Nomor. 22 tahun 2009 dan prtoblematika dalam mengimplementasikan Pasal 107 ayat (2) Undang-undang Nomor. 22 tahun 2009 di kawasan Satuan Lalu-lintas Polres Pulau Ambon dan pulau-pulau Lease. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, dimana pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terhadap pihak yang terkait dengan topik penelitian dan juga dengan meneliti kepustkaan melalui data-data yang berkaitan dan buku-buku yang berkaitan dengan topik penelitian.


Ketersediaan

SP.1210 JOH p1SP.1210 JOH pPerpus. Fak. Hukum (3 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1210 JOH p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1210
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this