No image available for this title

SKRIPSI PERDATA

Perlindungan Hukum Terhadap Ekspresi Budaya Tradisional (Folklor) Atas Tarian Bambu Gila Di Maluku



Indonesia adalah salah satu negara dengan kekayaan budaya yang beragam. Salah satu bentuk kebudayaan yang dimiliki Indonesia adalah Seni Tari Tradisional. Tari tradisional di dalam Hak Cipta merupakan bagian dari folklor. Folklor merupakan ciptaan tradisional yang tidak diketahui penciptanya. Tari tradisional merupakan folklore sebagian lisan, yang merupakan percampuran unsur lisan dan bukan lisan, yang juga menjadi kewajiban negara untuk memberikan perlindungan. Di Maluku sendiri memiliki tarian yang unik, yaitu Bambu Gila yang tidak dimiliki oleh negara lain sehingga perlindungan akan tarian ini sangat diperlukan demi menjaga warisan budaya Maluku. Oleh karena itu penelitian ini berjudul, Perlindungan Hukum Terhadap Ekspresi Budaya Tradisional (Folklor) Atas Tarian Bambu Gila di Maluku.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pendekatan yuridis normatif, yaitu pendekatan dari segi-segi hukum dan kaidah-kaidah hukum yang ada serta yang berlaku dalam masyarakat, untuk mengetahui apakah hukum yang digunakan sesuai dengan hukum yang berlaku. Penelitian ini dilakukan di Kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Ambon, Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Ambon, dan Perpustakaan Daerah Provinsi Maluku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 belum dapat secara rinci menjelaskan mengenai perlindungan terhadap ekspresi budaya tradisional khusunya tarian bambu gila yang termasuk tarian tradisional. Sehingga perlindungan yang mampu diberikan adalah dengan mengadakan sosialisasi agar masyarakat juga dapat mengerti dan memahami mengenai ekspresi budaya tradisional. Serta inventarisasi tarian bambu gila dapat dilakukan dengan pengajuan sertifikat oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional kepada Kementerian Pendidikan dan Budaya, kemudian di registrasi oleh Kementerian Hukum dan Ham yang akan dipublikasikan agar diketahui semua orang.


Ketersediaan

SE.553 PER p1SE.553 PER pPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Perdata)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SE.553 PER p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SE.553
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this