No image available for this title

SKRIPSI HTN/HAN

Pengisian Jabatan Kepala Pemerintah Negeri Berdasarkan Hak Parentah Di Kota Ambon



Fakta yang terjadi di daerah Negeri Rumah Tiga adalah orang yang bukan anak adat dari Keturunan Parentah, Mata Rumah Parentah dan/atau Soa Parentah diangkat/dipilih menjadi Raja berdasarkan hasil dari proses yang dilakukan secara pengundian dan fakta yang terjadi juga di daerah Negeri Seilale dimana menurut hukum adat yang berlaku Mata Rumah Lopies Seilana Pattinai adalah yang merupakan garis keturunan lurus Mata Rumah Parentah di Negeri Seilale, sedangkan Mata Rumah Kailola yang menurut hukum adat yang berlaku sebagai Mata Rumah Kapitan di Negeri Seilale bukan sebagai Mata Rumah Parentah, sehingga pengajuan bakal calon Raja yang diajukan dari Mata Rumah Parentah sebagai bakal calon Raja pada saat pemilihan nanti tidak sah, karena Raja diutamakan dari anak Negeri atau anak Adat dari Mata Rumah dalam Soa Parentah.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis hak parenta sebagai Kepala Pemerintah Negeri di Kota Ambon. Selain itu juga untuk menganalisis prosedur pengisian jabatan Kepala Pemerintah Negeri di Kota Ambon. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif.
Hasil dari penelitian ini, bahwa keputusan yang dikeluarkan oleh Walikota sebagai pejabat yang berwewenang untuk melantik Raja yang bukan dari hak parenta terdapat maladministrasi. Pengisian jabatan Kepala Pemerintah Negeri tanpa melalui prosedur yang berlaku tidak dapat dilantik oleh Walikota, jadi Kepala Pemerintah Negeri terpilih lebih dahulu dikukuhkan secara adat menurut adat istiadat dan hukum adat setempat, barulah berdasarkan hal itu Walikota berhak melantik Kepala Pemerintah Negeri terpilih.


Ketersediaan

SH.307 TAH p1SH.307 TAH pPerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Pemerintahan)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SH.307 TAH p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SH.307
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this