No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Tinjauan Yuridis Pembunuhan Berencana Terhadap Istri Dan Keluarga (Studi Putusan No. 174/PID.B/2015/PN AMBON)



Dalam pelaksanaaan Negara, fungsi hukum dalam menjalankan kekuasaan Negara, antara lain sebagai acuan dari suatu tujuan Negara, sebagai penjaga, pelindung, dan memberikan keadilan bagi manusia, serta melindungi masyarakat dari ancaman bahaya. Hukum pidana sejatinya menjadi jaminan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam keberlangsungan hidup, namun dalam pelaksanaannya tidak semua unsur dalam lapisan masyarakat siap dan bersedia tunduk kepada peraturan hukum pidana yang berlaku sehingga timbul perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum, seperti tindak pidana pembunuhan berencana. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkatnya menjadi sebuah permasalahan terkait dengan penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana pembunuhan berencana terhadap istri dan keluarga.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan tipe penelitian bersifat deskriptif analitis. Sumber bahan hukum yakni bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian kepustakan maupun pengumpulan data penelitian dari putusan pengadilan. Analisis bahan hukum dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan hasil dan pembahasan terhadap kasus pembunuhan berencana terhadap istri dan keluarga, penerapan hukumnya sudah tepat, dimana antara perbuatan dan unsur-unsur pasal terpenuhi dan telah sesuai dengan fakta-fakta hukum baik keterangan para saksi, alat bukti, dan keterangan terdakwa yang dianggap sehat jasmani dan rohani, sehingga terdakwa dianggap mampu mempertanggung jawabkan perbuatannya. Dalam hal kebijakan pemerintah terhadap kasus pembunuhan berencana terhadap istri dan keluarga ini maka hukum kebiri kimia bukanlah bukanlah solusi atas masalah ini. Kerena, kebijakan pencegahan itu harus konsisten dengan prinsip HAM serta mencerminkan praktik yang tepat agar kebijakan tersebut dapat berjalan secara efektif.


Ketersediaan

SP.1071 SOL t1SP.1071 SOL tPerpus. Fak. Hukum (2 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1071 SOL t
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1071
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this