No image available for this title

SKRIPSI PERDATA

Kajian Hukum Terhadap Penyelesaian Sengketa Tanah Adat Antara Negeri Halong Dengan PT. Citra Land



Masyarakat hukum adat di Indonesia merupakan bagian dari masyarakat hukum Indonesia yang dalam perkembangannya selalu retan terhadap perkembangan zaman. Masyarakat hukum adat dalam hukum positif Indonesia mendapat pengakuan, serta penghormatan terhadap hak- haknya. namun dalam kenyataannya banyak terjadi pelanggaran terhadap hak – hak dari masyarakat hukum adat tersebut. Pelanggaran terhadap hak-hak masyarakat hukum adat di Indonesia setiap tahun terus meningkat. Pelanggaran terhadap hak – hak masyarakat adat di Indonesia setiap tahun terus meningkat antara lain adalah perampasan terhadap lahan milik masyarakat adat, batas wilayah antar desa/negeri, klaim kepemilikan adat, dan tumpang tindihnya wilayah adat dengan wilayah administrasif, dan lainnya yang selalu berdampak pada sengketa terbuka yang berujung pada kekerasan bagi rakyat, khususnya yang bersengketa.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Yuridis Normatif dengan mengungkapkan masalah dalam persengketaan, mengolah data, menganalisis, meneliti dan menginterprestasikan serta membuat kesimpulan dan memberi saran.
Berdasarkan hasil penelitian ini, sengeketa yang terjadi antara Masyarakat Negeri Halong dengan PT. Citra Land disebabkan karena adanya perampasan terhadap hak masyarakat hukum adat Negeri Halong, yang dalam penyelesaiannya berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada masyarakat yang masih bergantung kepada penyelesian sengketa secara damai berdasarkan kebiasan masyarakat adat, namun ada juga masyarkat yang lebih percaya dengan penyelesaian sengketa melalui pengadilan. Disarankan agar dalam penyelesaian sengketa baik di tingkat Raja maupun di tingkat Pengadilan tentunya sama, sebab keduanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu memberikan sebuah keputusan yang seadil-adilnya.


Ketersediaan

SE.667 HUR k1SE.667 HUR kPerpus. Fak. Hukum (3 CD Skripsi Perdata)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SE.667 HUR k
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SE.667
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this