No image available for this title

SKRIPSI HUKUM PIDANA

Pemeriksaan Perkara Pidana Anak Pada Tahapan Penyidikan (Kajian Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak)



Undang-undang No. 11 Tahun 2012 dan Undang-undang No. 23 Tahun 2002 memberikan pembedaan perlakuan dan perlindungan terhadap pelaksanaan hak-hak dan kewajiban anak, khususnya anak sebagai tersangka dalam proses peradilan pidana, yaitu meliputi seluruh prosedur acara pidana, mulai dari penyelidikan, penyidikan dan berakhir pada pelaksanaan pidana. Hal ini memunculkan permasalahan : “Bagaimana pemeriksaan perkara pidana anak pada tahapan penyidikan menurut undang-undang nomor 11 tahun 2012.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif, tipe penlitian bersifat deskriptif analitis, dengan menggunakan sumber bahan hukum primer, sekunder dan tersier sebagai bahan acuan untuk melengkapi penulisan dan selanjutnya dianalisis melalui cara diskripsi dengan menggunakan metode kualitatif.
Hasil pembahasan Pemeriksaan perkara pidana anak pada tahapan penyidikan menurut Undang-Undang nor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak dimulai dengan membuat laporan mengenai kasus anak, sebab-sebab melakukan kenakalan, latar belakangnya dengan cara wawancara secara sabar dan halus. Pada saat melakukan penyidikan para penyidik harus menjauhkan tindakan kekerasan atau penyiksaan serta tindakan-tindakan yang sifatnya sugestif dengan tekanan. Dalam Pasal 18 penyidikan terhadap anak tersebut haruslah dalam suasana kekeluargaan Proses penyidikan anak nakal, wajib dirahasiakan menurut Pasal 19 ayat (1) dan Pasal 27 ayat (1), menentukan bahwa dalam melakukan penyidikan anak nakal, penyidik dibantu pembimbing


Ketersediaan

SP.1023 LAW p1SP.1023 LAW pPerpus. Fak. Hukum (1 CD Skripsi Pidana)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SP.1023 LAW p
Penerbit Fakultas Hukum Unpatti : Ambon.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SP.1023
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this